Apa Itu Front Office – Barangkali kamu pernah berkunjung ke suatu kantor entah untuk keperluan wawancara atau karena kebutuhan tertentu. Kamu akan mendapati seseorang menyambutmu dengan ramah. Namun jangan bingung, karena itulah yang namanya Front Office!
Sebenarnya apa itu Front Office? Kamu perlu tahu peranan pentingnya agar tidak kebingungan lagi ketika berkunjung ke kantor! Oleh karena itu, kamu bisa baca artikel berikut ini sampai habis!
Apa Itu Front Office?
Front Office merupakan istilah yang sering dipakai dalam dunia bisnis. Mudahnya yaitu seseorang yang kerjanya pada bagian depan suatu perusahaan. Posisi ini biasanya berurusan langsung dengan kurir paket, tamu yang berkunjung, penyimpanan file-file dokumentasi perusahaan, dan seringkali membantu untuk mengatur pertemuan resmi perusahaan.
Posisi Garda Terdepan Perusahaan
Posisi ini menjadi bagian “wajah” perusahaan dan seringkali menjadi titik kontak pertama antara perusahaan dengan pelanggan atau klien yang sedang melakukan kunjungan. Oleh karena itu, perusahaan perlu memastikan bahwa staf bagian dilatih dengan baik agar terampil berkomunikasi dalam melayani tamu dan mengetahui layanan dari perusahaan tersebut.
Peranan Penting Pada Suatu Perusahaan
Posisi yang satu ini mempunyai berbagai peranan penting pada perusahaan tertentu karena yang menjadi kontak pertama sebelum pelayanannya diteruskan ke staf yang lain. Beberapa peranan pentingnya yaitu:
Membangun Citra Yang Baik Perusahaan
Karena seperti yang dijelaskan sebelumnya posisi ini sebagai “wajah”, maka cara mereka berinteraksi dengan tamu yang datang, sikap, dan keramahannya dapat menciptakan kesan awal yang kuat pada perusahaan. Pelayanan yang biak bisa membangun citra positif pada perusahaan.
Pertama Yang Memberikan Pelayanan
Tugas dari posisi ini untuk berinteraksi dengan klien atau tamu berupa menjawab pertanyaan, memberikan informasi mengenai perusahaan, dan memberikan bantuan jika diperlukan. Sehingga siapa saja yang bertugas pada posisi ini perlu memiliki kemampuan untuk memberikan layanan yang cepat dan informatif.
Mengumpulkan Informasi Pelanggan
Posisi ini dapat mengumpulkan informasi berharga tentang preferensi dan kebutuhan dari klien atau tamu. Informasi yang didapat ini dipakai sebagai bahan pelayanan lebih lanjut dan secara tidak langsung bisa menjadi strategi dalam pemasaran.
Menjaga Hubungan Baik Dengan Klien
Posisi ini dapat membantu menjaga hubungan yang positif dengan klien atau customer yang berkunjung. Karena tugasnya yang mampu untuk menjawab pertanyaan dari klien, menangani keluhan dengan baik, dan memberikan layanan bagi tamu atau klien.
Untuk Meningkatkan Penjualan
Di beberapa bisnis, posisi satu ini berperan penting untuk meningkatkan penjualan suatu perusahaan. Posisi front office ini bisa memberikan informasi tentang produk atau layanan dari perusahaan, membantu klien atau tamu dalam memilih produk, serta mengarahkan apabila ada penawaran atau promo khusus!
Contoh Posisi Ini Pada Perusahaan
Kamu bisa menemukan posisi ini pada berbagai macam perusahaan lho! Berikut ini contohnya yang biasa menggunakan posisi front office untuk perusahaan yaitu:
Resepsionis hotel
Posisi ini merupakan bagian garda terdepan yang tugasnya menerima tamu, menangani layanan tamu yang check-in dan check-out, serta memberi informasu tentang fasilitas dan layanan hotel yang tersedia.
Loket Pelayanan Bank
Pada sektor perbankan, posisi ini mencakup loket pelayanan pada berbagai cabang bank yang membantu nasabah untuk melakukan transaksi perbankan, menjawab pertanyaan dan memenuhi permintaan dari nasabah.
Bidang Penerbangan
Jika pada industri penerbangan, bagian posisi ini bertugas untuk memberikan bantuan kepada penumpang sebelum terbang seperti melakukan proses check-in, boarding, serta memberikan informasi penerbangan kepada penumpang.
Pada Perusahaan
Banyak sekali perusahaan yang mempunyai staf posisi ini untuk melayani tamu atau klien yang datang, menjawab panggilan telepon, dan memberikan informasi dasar tentang perusahaan tersebut.
Toko Ritel
Sedangkan pada bidang ritel, front office ini melakukan tugas yang mencakup interaksi langsung dengan customer untuk melakukan penjualan, membantu memilih produk, dan membantu mengarahkan untuk transaksi.
Perlu Dekorasi Pada Bagian Depan Perusahaan
Agar citra dari suatu perusahaan bisa meningkat, maka perlu menambahkan hiasan maupun dekorasi tertentu agar tercipta kesan perusahaan yang berkelas dan baik. Contohnya saja dengan penambahan wall panel yang berkualitas agar tamu yang datang ke perusahaan tersebut bisa nyaman.
Wall Panel 3D Yang Menawan
Penambahan wall panel 3 dimensi dari Duralo pada bagian depan suatu perusahaan bisa meningkatkan citra yang baik. Membuat tamu yang berkunjung bisa betah dan nyaman dalam melakukan transaksi maupun ketika sedang menunggu pelayanan.
Panel Dinding Dengan Insulasi Suhu
Salah satu keunggulan pada wall panel 3D dari Duralo ini yaitu bisa menjadi insulasi suhu pada ruangan. Tamu yang berkunjung pada suatu kantor tidak merasakan hawa terlalu panas maupun terlalu dingin. Baik tamu maupun customer bisa nyaman tanpa khawatir terganggu hawa yang tidak sejuk.
Pilihan Pola Pada Panel Dinding Duralo
Ada berbagai macam pilihan motif yang cocok untuk dipasang pada bagian depan perusahaan atau perkantoran. Ada yang motifnya batu bata, motif manik-manik yang indah, motif anyaman, pola bergelombang, serta pola keramik yang menawan dan memanjakan mata bagi siapa saja yang melihatnya!
Pastikan Gunakan Wall Panel 3D Yang Tepat!
Jadi, apa yang kalian tunggu? Segera pakai wall panel 3D dari Duralo untuk dinding perkantoran agar indah dan menciptakan citra yang bagus pada suatu perusahaan. Kamu juga bisa pakai wall panel satu ini untuk dinding ruangan rumahmu lho!
Jadi, demikian penjelasan mengenai apa itu front office dan peranannya pada suatu perusahaan. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan memberikan insights baru untukmu! Terima kasih sudah membaca sampai akhir!