Perawatan Wallpaper Dinding РSuatu rumah bisa terlihat keindahannya apabila pada bagian temboknya dipasang hiasan berupa wallpaper. 

Pemberian hiasan pada tembok sebenarnya bertujuan untuk menampilkan keindahan dan memberi ketahanan pada dinding rumah maupun bangunan.

Jangan salah, wallpaper juga perlu untuk kamu rawat dengan baik agar keindahannya tetap terjaga dan bisa dipakai dalam waktu yang lama!

Pada ulasan kali ini akan dijelaskan mengenai tips dalam merawat wallpaper pada tembok seperti apa. Pelajari berbagai caranya dengan menyimak artikel berikut sampai habis!

Cara Perawatan Wallpaper Dinding

Agar tembok senantiasa terlihat lebih indah dan rapi, maka banyak orang yang menghiasnya dengan menggunakan wallpaper.

Tentunya kamu ingin bukan hiasan untuk tembok terjaga dengan baik dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Tapi tenang saja, karena berikut ini ada tips dalam merawat wallpaper dinding agar awet yang akan dijelaskan berikut ini:

Perhatikan Dengan Baik Pemasangannya

Perhatikan Dengan Baik Pemasangannya 

Hal yang paling penting dalam perawatan wallpaper ini yaitu dengan memperhatikan secara baik pemasangannya.

Karena jika tidak teliti dan berhati-hati bisa mempengaruhi keadaan hiasan ini kedepannya. Mulai dari lem yang dipakai sampai pemasangannya perlu kamu perhatikan dengan teliti ya!

Perhatikan Keadaan Dinding

Sebelum memasang hiasan untuk tembok ini, perlu tahu juga keadaan pada dindingmu. Apakah mempunyai tekstur tersendiri atau ada yang berlubang.

Kamu perlu memastikan ketika memasang wallpaper ini tembok dalam keadaan yang tidak lembab dan terbebas dari berbagai kotoran.

Hal ini bertujuan supaya hasil dari hiasan bisa tertempel dengan baik dan maksimal.

Ikuti Petunjuk Pasangnya

Beberapa jenis hiasan untuk tembok satu ini mungkin saja punya syarat pasang yang beda-beda. Alangkah baiknya jika kamu mengikuti petunjuk yang sudah tertera.

Pastikan kamu mempersiapkan alat-alat yang direkomendasikan untuk pemasangan wallpaper ini. Perhatikan juga pemasangan dan ketelitian pada pola dan motifnya biar tidak terbalik atau salah pasang.

Kamu juga bisa meminta bantuan ahli atau profesional agar pemasangannya bisa lebih tepat!

Pakai Lem Yang Direkomendasikan

Bila perlu, pakai saja lem yang direkomendasikan oleh produsen pembuat hiasan untuk tembok ini. Karena bisa jadi akan jauh lebih pas jika kamu memasang wallpaper menggunakan lem yang direkomendasikan.

Hal ini juga berpengaruh pada ketahanan dan kekuatan hiasan ini pada tembok rumahmu!

Bersihkan Secara Rutin

Perawatan Wallpaper Dinding Bersihkan Secara Rutin 

Hiasan untuk tembok yang sudah terpasang perlu untuk kamu bersihkan dari berbagai debu dan kotoran yang menempel.

Hal ini berfungsi agar terhindar dari warna wallpaper yang mulai kusam dan memudar. Jangan lupa untuk membersihkannya dengan hati-hati ya!

Bersihkan Noda Sesuai Dengan Tipenya

Biasanya hiasan untuk dinding ini punya bahan yang beda-beda. Pastikan kamu memakai peralatan yang tepat dalam membersihkan noda pada hiasan untuk tembok ini ya!

Pakai saja kain lembab yang sudah dibasahi oleh air jika kamu menggunakan wall panel ya! Sehingga hiasan wallpaper akan kembali bersih seperti semula.

Siapkan Lem Jika Ada Yang Lepas

Meskipun kamu sudah memberikan lem dengan baik pada awal pemasangannya, tapi hal itu juga tidak menjamin bisa bertahan dengan lama.

Oleh karena itu, supaya berjaga-jaga maka sediakanlah lem khusus yang sesuai dengan hiasan tembok agar bisa mengembalikan yang mau mengelupas.

Membersihkan Bagian-Bagian Dengan Rutin

Pembersihan beberapa bagian tertentu di sekitaran hiasan untuk tembok dengan rutin juga merupakan hal yang sangat penting lho!

Agar hiasan ini tetap awet dan tahan lama tentunya. Perhatian, jangan menggosoknya terlalu keras, karena bisa merusak hiasan ini.

Perhatikan juga beberapa area yang rentan kotor contohnya seperti saklar atau permukaan yang sering kena pegang. Pembersihan ini bertujuan agar tampilan tetap bersih dan mencegah dari berbagai debu yang menumpuk.

Mencegah Dari Noda

Penting juga dalam menjaga keindahan hiasan untuk tembok dengan menghindarkannya dari kontak langsung berbagai benda yang meninggalkan noda. Contohnya saja seperti makanan atau tinta.

Kalau terjadi tumpahan misalnya, maka langsung bersihkan dengan perlahan dan hati-hati memakai lap lembab.

Membersihkannya dengan cepat bisa mencegah kotoran atau noda menyerap pada bagian wallpaper ini. Kalau bisa, pertimbangkan juga kalau kamu mau masang pelindung pada permukaan tembok yang ada hiasannya ini.

Perbaiki Dengan Cepat

Jika ada salah satu bagian hiasan yang mulai mengelupas atau rusak, maka langsung lakukan perbaikan ya! Pakai saja lem yang sesuai dengan anjuran produsen.

Jangan biarkan juga kerusakan pada hiasan ini terlalu lama, karena bisa memperparah kondisinya dan menyebabkan perbaikan semakin sulit kedepannya.

Pilih Wallpaper Dinding Yang Tepat

Terlepas dari semua itu, sebelum menggunakan jenis maupun desain hiasan untuk tembok ini, pertimbangkan beberapa faktor seperti kegunaannya, kelembaban ruangannya seperti apa, dan dekorasi keseluruhan ingin yang seperti apa.

Jangan lupa pakai hiasan yang tahan akan kelembaban dan bisa tahan lama jika terpapar cuaca sekitar. Perhatikan juga dari segi kualitas bahan dan ketebalannya ya!

Pakai Wall Panel Duralo, Dijamin Tidak Ribet!

Pakai Wall Panel Duralo, Dijamin Tidak Ribet!

Mau hiasan yang tetap indah dalam jangka waktu yang lama dan perawatannya tidak ribet? Pakai saja wall panel 3D yang merknya Duralo ini!

Terbuat dari bahan fire retardant expandable polystyrene, sehingga jika ada api merambat hanya berhenti pada satu titik saja.

Menjadikannya bisa melindungi ruangan maupun bangunan dari bahaya kebakaran besar. Wall panel 3D Duralo ini juga aman dari serangga kecil, mikroorganisme, jamur, maupun rayap yang bisa merusak tembok.

Selain itu wall panel Duralo ini mudah pemasangan dan perawatannya. Cukup 1 orang saja sudah bisa memasang hiasan ini untuk seisi ruangan.

Jika wall panel ini terkena noda, maka cukup bersihkan dengan menggunakan kain lembab saja. Maka wall panel akan bersih seperti semula, Tentunya tidak ribet dan bisa melindungi tembok dengan baik!

Penutup

Oleh sebab itu daripada pakai wallpaper yang ribet dan susah merawatnya, segera pakai wall panel 3D Duralo untuk mempercantik dan melindungi dinding rumah maupun bangunanmu.

Demikian ulasan mengenai tips perawatan wallpaper dinding agar tetap awet. Semoga memberi inspirasi baru dan referensi untuk kamu semua ya! Nantikan berbagai ulasan menarik berikutnya.

×